Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Cara Untuk Memulai Bekerjasama Mencapai Kesuksesan




Dalam mengarungi hidup ini, tiap orang pernah mengalami kegagalan dan tentu juga kesuksesan. Kegagalan itu terjadi karena kurangnya kerjasama seseorang dalam kelompok kerja.
Kerjasama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama dapat sejumlah ranah bisnis, pertanian, dan perusahaan dapat diwujudkan dalam bentuk koperasi.
Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang berlawanan dengan kompetisi. Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk pengelolaan urusan perorangan.
Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal.
Kerjasama yang baik itu ialah:
1.     Masing-masing anggota saling menghargai dan menghormati pendapat tiap- tiap anggota jika berkumpul menyelesaikan suatu tugas.
2.     Tiap-tiap anggota memiliki kemampuan untuk memikat perhatian klient
3.     Kelompok team memiliki pesona tersendiri atau ada yang menonjol dari kelompoknya.
4.     Anggota kelompok memiliki etos kerja, komitment dan tanggung jawab yang besar dalam berorganisasi.
5.     Meningkatkan profesionalitas dalam bekerjasama merancang sesuatu project kerja.
Kesuksesan ditentukan oleh kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. “Kecerdasan Sosial”, atau kemampuan untuk berinteraksi, berbicara, berunding, dan membujuk orang lain merupakan bentuk kecerdasan yang paling mahal dan paling dihormati, dan kecerdasan ini dapat dikembangkan.
Dalam memulai untuk mencapai kesuksesan itu yakni trik-trik dalam bekerjasama mencapai kesuksesan.
1.     Sadari apa yang terjadi dalam diri, misalnya menyadari kelebihan dan kekurangan dalam diri kita. Misalnya, anda memiliki kemampuan dan mempunyai ide yang cemerlang contohnya ingin membuka bisnis rumah makan namun mendapatkan hambatan ialah dalam hal biaya dan tempat. Cobaan seperti ini memang dialami hampir setiap manusia. Untuk itu kita perlu bantuan orang lain atau bekerjasama dengan orang lain. Caranya, yaitu: Fokuskan pada Pesona yang ada di dalam diri Anda. Dengan cara menebarkan kehangatan. Pesona adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sebuah hubungan yang luar biasa sehingga orang lain di sekitar merasa luar biasa. Mulailah dari sekarang, anggaplah pesona sebagai kualitas  dan keterampilan pribadi yang dapat anda kembangkan dengan melakukan hal – hal yang dilakukan oleh orang – orang yang memesona, dan jadilah orang yang memesona seperti halnya mereka. Pesona ialah kualitas yang mempunyai daya yang sangat kuat untuk menyenangkan dan memikat.
2.     Berkonsentrasi pada Perilaku. Perilaku adalah segalanya. Terlepas dari apa yang Anda pikirkan, apa yang akhirnya dinilai dari anda adalah perilaku Anda. Jika Anda bersikap seolah-olah Anda membenci, Anda akan membenci. Jika Anda  bersikap seolah – olah Anda mencintai, Anda akan mencintai. Dan jika anda bersikap seolah- olah Anda peduli, anda akan peduli. Orang-orang akan bereaksi berdasarkan cara pandang mereka terhadap perilaku kita, tidak peduli agenda apa yang mungkin ada dalam batin kita.
3.     Kekuatan Perhatian. Perhatian penuh!. Hubungan yang harmonis, baik social maupun professional, dibangun atas berbagai kualitas, tetapi tidak ada yang sepenting dianggap sebagai seorang pendengar simpatik. Semakin anda menjadi pendengar yang baik, semakin berharga Anda berada dalam hubungan apapun. Pendengar yang penuh perhatian ialah mereka yang mengirimkan sinyal “pengakuan dan kepastian”
4.     Sinyal “Kontak Mata”. Tatap langsung si Pembicara. Itulah cara dasar agar orang mengetahui bahwa Anda sedang mendengarkan, semakin banyak kontak mata yang anda arahkan, semakin besar keterlibatan anda. Putuskanlah untuk mengembangkan kebiasaan menggunakan kontak mata langsung ketika anda sedang mendengarkan.
5.     Sinyal “Anggukan Kepala”, merupakan teknik kuat lain dalam mencapai kesuksesan, dan hal itu tampak memesona bagi orang lain. Mengangguk merupakan sinyal bagi orang lain bahwa anda hangat, ramah, dan memperhatikan. Anggukan adalah salah satu elemen penting dalam pesona. Kembangkanlah kebiasaan mengangguk dan menghargai orang lain ketika mereka sedang berbicara. Ketika anda lupa untuk mengangguk dan hanya mendengarkannya tanpa bergerak, hal itu dapat membingungkan bagi kebanyakan pembicara.

Comments

Sponsor