- Get link
- X
- Other Apps
Dalam mengarungi
hidup ini, tiap orang pernah mengalami kegagalan dan tentu juga kesuksesan.
Kegagalan itu terjadi karena kurangnya kerjasama seseorang dalam kelompok
kerja.
Kerjasama, atau kooperasi merujuk
pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak
dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum,
alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama dapat sejumlah ranah bisnis,
pertanian, dan perusahaan dapat diwujudkan dalam bentuk koperasi.
Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang
berlawanan dengan kompetisi.
Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk
pengelolaan urusan perorangan.
Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama
bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi
atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal.
Kerjasama yang baik itu ialah:
1.
Masing-masing
anggota saling menghargai dan menghormati pendapat tiap- tiap anggota jika
berkumpul menyelesaikan suatu tugas.
2.
Tiap-tiap
anggota memiliki kemampuan untuk memikat perhatian klient
3.
Kelompok
team memiliki pesona tersendiri atau ada yang menonjol dari kelompoknya.
4.
Anggota
kelompok memiliki etos kerja, komitment dan tanggung jawab yang besar dalam
berorganisasi.
5.
Meningkatkan
profesionalitas dalam bekerjasama merancang sesuatu project kerja.
Kesuksesan ditentukan oleh kemampuan dalam
berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. “Kecerdasan Sosial”, atau
kemampuan untuk berinteraksi, berbicara, berunding, dan membujuk orang lain
merupakan bentuk kecerdasan yang paling mahal dan paling dihormati, dan kecerdasan
ini dapat dikembangkan.
Dalam memulai untuk mencapai kesuksesan itu
yakni trik-trik dalam bekerjasama mencapai kesuksesan.
1.
Sadari
apa yang terjadi dalam diri, misalnya menyadari kelebihan dan kekurangan dalam
diri kita. Misalnya, anda memiliki kemampuan dan mempunyai ide yang cemerlang
contohnya ingin membuka bisnis rumah makan namun mendapatkan hambatan ialah
dalam hal biaya dan tempat. Cobaan seperti ini memang dialami hampir setiap
manusia. Untuk itu kita perlu bantuan orang lain atau bekerjasama dengan orang
lain. Caranya, yaitu: Fokuskan pada Pesona yang ada di dalam diri Anda. Dengan
cara menebarkan kehangatan. Pesona adalah suatu kemampuan untuk menciptakan
sebuah hubungan yang luar biasa sehingga orang lain di sekitar merasa luar
biasa. Mulailah dari sekarang, anggaplah pesona sebagai kualitas dan keterampilan pribadi yang dapat anda
kembangkan dengan melakukan hal – hal yang dilakukan oleh orang – orang yang
memesona, dan jadilah orang yang memesona seperti halnya mereka. Pesona ialah
kualitas yang mempunyai daya yang sangat kuat untuk menyenangkan dan memikat.
2.
Berkonsentrasi
pada Perilaku. Perilaku adalah segalanya. Terlepas dari apa yang Anda pikirkan,
apa yang akhirnya dinilai dari anda adalah perilaku Anda. Jika Anda bersikap
seolah-olah Anda membenci, Anda akan membenci. Jika Anda bersikap seolah – olah Anda mencintai, Anda
akan mencintai. Dan jika anda bersikap seolah- olah Anda peduli, anda akan
peduli. Orang-orang akan bereaksi berdasarkan cara pandang mereka terhadap
perilaku kita, tidak peduli agenda apa yang mungkin ada dalam batin kita.
3.
Kekuatan
Perhatian. Perhatian penuh!. Hubungan yang harmonis, baik social maupun
professional, dibangun atas berbagai kualitas, tetapi tidak ada yang sepenting
dianggap sebagai seorang pendengar simpatik. Semakin anda menjadi pendengar
yang baik, semakin berharga Anda berada dalam hubungan apapun. Pendengar yang
penuh perhatian ialah mereka yang mengirimkan sinyal “pengakuan dan kepastian”
4.
Sinyal
“Kontak Mata”. Tatap langsung si Pembicara. Itulah cara dasar agar orang
mengetahui bahwa Anda sedang mendengarkan, semakin banyak kontak mata yang anda
arahkan, semakin besar keterlibatan anda. Putuskanlah untuk mengembangkan
kebiasaan menggunakan kontak mata langsung ketika anda sedang mendengarkan.
5.
Sinyal
“Anggukan Kepala”, merupakan teknik kuat lain dalam mencapai kesuksesan, dan
hal itu tampak memesona bagi orang lain. Mengangguk merupakan sinyal bagi orang
lain bahwa anda hangat, ramah, dan memperhatikan. Anggukan adalah salah satu
elemen penting dalam pesona. Kembangkanlah kebiasaan mengangguk dan menghargai
orang lain ketika mereka sedang berbicara. Ketika anda lupa untuk mengangguk
dan hanya mendengarkannya tanpa bergerak, hal itu dapat membingungkan bagi
kebanyakan pembicara.
Comments
Post a Comment