Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Review Buku Hidup Optimal dengan Skizofrenia By Roberta Temes

Judul : Hidup Optimal dengan Skizofrenia

Identitas Buku :

Penulis : Roberta Temes, Ph.D.

Jumlah Halaman : 185 Halaman

Editor : Agatha Tristanti

Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer

Alamat Penerbit : Jalan Kebahagiaan No. 11A, Jakarta 11140

Tahun Terbit : 2002

No. ISBN : 978- 979 - 074 - 632 - 9

Sumber Gambar Cover : m.tokopedia.com/nakulak/hidup-optimal-dengan-skizofrenia?

Gambaran Cerita :

Apa sih skizofrenia itu? Pertanyaan yang hanya diketahui jawabannya untuk keluarga serta teman yang mengalami skizofrenia. Skizofrenia adalah penyakit mental yang dilatarbelakangi oleh faktor - faktor yang gejalanya terjadi sejak seseorang masih kecil. Penyakit ini juga merupakan gangguan otak. Hanya 1 dari 100 anak kecil yang menderita penyakit ini. Skizofrenia adalah penyakit yang sulit untuk diketahui penyebabnya. Pasien yang menderita penyakit ini mendengar suara - suara yang tidak dapat didengar orang lain, hanya pasien itu sendiri yang bisa mendengarnya.Suara - suara itu muncul hanya untuk mengingatkan masa lalu yang pernah kita lakukan. Penyakit ini menyebabkan orang lain menarik diri dari lingkungan, minder, dan jauh dari dunia pertemanan. Halusinasi, delusi dan ilusi menyelimuti pikiran penderita penyakit ini. Selalu bergema suara - suara yang muncul di telinga penderita. Suara - suara itu kadang muncul dan kadang tidak ada. Muncul setiap saat tanpa henti dan tanpa capek.

Review Buku :

Skizofrenia, pertama kali saya mendengar penyakit skizofrenia ini, saya tertarik untuk memperdalam pengetahuan dan mencari tahu gejala dan cara mengatasi penyakit ini. Saya kemudian mencari buku mengenai skizofrenia. Dan saya akhirnya membeli buku ini. Selama saya membaca buku ini saya merasa orang yang mengalami penderita penyakit ini wajib untuk membelinya. Karena buku ini membahas dari gejala, cara penyembuhan dan tindak lanjut setelah sembuh dari penyakit ini. Dari buku ini gejala - gejala yang melatarbelakangi ialah suka melamun, isolasi, mendengar suara-suara, pikiran yang kacau, komunikasi yang buruk, perilaku yang kacau, kehidupan rahasia, delusi, paranoia dan halusinasi. Cara penyembuhan penyakit ini ialah dengan memakan obat dari resep dokter seperti clozaril, risperdal, zyprexa, seroquel, geodone. Namun tidak hanya meminum obat tapi dorongan dari orang = orang sekitar juga diperlukan. Peran orangtua dan keluarga harus terjalin. Keluarga harus mengetahui dan mengontrol kondisi emosi penderita/pasien. Ajak penderita refreshing juga bisa menyembuhkan. Ajak ngobrol, diskusi dan berikan apresiasi. Buku ini juga dalam membahas tulisan diatur dengan sangat rapi dan antar bab saling berhubungan. Buku ini memakai bahasa yang terlalu formal dengan kata - kata yang mudah diserap dan mudah dipahami. Buku ini bernilai positif dari segi medis tapi menurut saya dalam agama Islam seseorang yang menderita penyakit ini mengalami gangguan jin.

Kesimpulan :

Skizofrenia merupakan penyakit yang bisa disembuhkan berkat pertolongan dan dukungan dari orang - orang tersayang. Kenali dan perbaiki perilaku kita.

Rekomendasi dan Penilaian Buku :

Buku ini saya nilai sangat baik untuk pembaca seperti keluarga penderita skizofrenia, dokter muda, psikolog dan mahasiswa psikologi.

Comments

Sponsor