Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Review Buku Biografi Bill Gates

Judul : Bill Gates (Membongkar Resep Kaya Manusia Terkaya Di Dunia)

Identitas Buku :


Penulis : Hasna Wijayati
Jumlah Halaman : 322 Halaman
Editor : Zainuddin
Penerbit : Penerbit Biography
Tahun Terbit : 2018
No. ISBN : 978- 602 - 5469-18-3
Gambaran Cerita :
Biografi Bill Gates:

Nama : William Henry Gates III (Trey).

Tempat / Tanggal Lahir : Seattle, Washington, 28 Oktober 1955

Hobi : Membaca Buku

Olahraga : Bermain bridge, golf dan tenis

Cita - cita masa kecil : Menjadi astronot dan ilmuwan

Cita - cita dewasa : Membangun perusahaan Software

Latar belakang pendidikan : Lakeside School (Sekolah khusus laki-laki): 1968-1973

Universitas Harvard, Cambridge, Jurusan Hukum : 1975

Nama Ayah : William H. Gates II. Lahir tahun 1925 pada tanggal 30 November di Bremerton, Washington. Dia adalah pensiunan pengacara dan filantropis di Amerika Serikat.

Nama Ibu : Mary Maxwell. Lahir tahun 1929 pada tanggal 5 Juli. Menikah dengan ayah Bill Gates pada tahun 1951. Siswa lulusan Universitas di Washington dengan gelar di bidang pendidikan ditahun 1950. Pada tahun 1950, menjadi seorang guru. Ia lalu beralih bekerja di perusahaan First Interstate Bank di Seattle yang didirikan oleh kakeknya sebagai Presiden wanita pertama di King Country's United Way yang didirikan oleh kakeknya. Tahun 1983, ia menjabat sebagai pemimpin komite United Way National di International Bussiness Machines (IBM) yang dipimpin John Opel. Mary menderita kanker payudara, ia meninggal karena penyakitnya ini di Rumah Sakit Laurelhurt pada tahun 1994, diusianya yang ke 64 tahun.

Nama Istri : Melinda Ann French. Yang lebih dikenal dengan nama Melinda Gates. Lahir pada tanggal 15 Agustus 1964 di Dalas, Texas, Amerika Serikat. Lahir dari pasangan Ray French (ayah, insinyur kedirgantaraan) dan Elaine Amerland French(ibu, ibu rumah tangga). Beragama Katolik Romawi. Anak ke 2 dari 4 bersaudara. Merupakan lulusan perguruan tinggi Duke University, di North Carolina dan memperoleh gelar B.A dan M.B.A. Pernikahan dengan Bill Gates berlangsung pada tanggal 1 Januari 1994 di Hawaii Lankai, Amerika. Dan dikaruniai 3 orang anak.

p>Anak Bill Gates:

Anak Pertama bernama Jennifer Katherine Gates. Lahir pada tanggal 26 April 1996 di Medina, Washington. Kuliah di Stanford University jurusan Biologi. Hobinya menunggang kuda dan membawanya ke turnamen berkuda di seluruh dunia.

Anak kedua bernama Rory John Gates, satu - satunya putra Bill Gates. Lahir di Seattle, Washington pada tanggal 23 Mei 1999. Bersekolah di Lakeside School.

Anak ketiga bernama Phoebe Adele Gates, lahir pada tanggal 14 September 2002. Kabar bahwa kekayaan dimiliki Phoebe telah mencapai US$10 juta.

Mempunyai sahabat bernama Paul Allen dan Steve Ballmer.

Strategi Bisnis Bill Gates yaitu:

1. Memilih bidang sesuai bakat dan minat.

Contohlah Bill Gates sendiri mempunyai bakat dan minat di bidang komputer. Dia mengutak-atik komputer hingga berhasil membuat menekuni perangkat lunak. Dengan bekerja sesuai minat dan bakat kita merasa akan lebih mudah dalam menemukan kesuksesan dan menikmati setiap prosesnya dengan penuh semangat dan tanpa adanya rasa terbebani.

2. Tentukan tujuan yang diinginkan.

Jika suatu perusahaan tidak memiliki target atau tujuan maka kegiatan perusahaan tidak akan terarah dengan baik dan sesuai rencana sehingga bisa menghancurkan perusahaan itu sendiri.

3. Memilih pendukung yang tepat.

Dukungan ini bisa berasal dari orang-orang yang dirasa mampu membimbing, mengarahkan, mau diajak bertukar pikiran dan sejalan dengan visi misi.

4. Tegas dan Otoriter

Menjadi pemimpin tidak boleh takut dalam bertindak, dan mencoba hal baru. Jika pemimpin yang hebat, maka kita harus berani menangani risiko yang akan datang.

5. Disiplin dan Tanggung Jawab

Peraturan yang ada di dalam perusahaan dan di luar perusahaan harus dipatuhi dan dihayati bisa membawa perusahaan menuju kesuksesan, karena mereka akan terarah sesuai dengan target bisnis yang ditetapkan.

6. Memberikan yang terbaik

Bill Gates berusaha untuk memberikan inovasi, kreativitas, dan terobosan - terobosan baru dengan terbaik dan tidak merugikan pihak lain

7. Mengelola Waktu

Manajemen waktu yang terpenting adalah prioritas untuk bisa mencapai target yang ditentukan.

8. Memanfaatkan perkembangan teknologi

Dengan bisa memanfaatkan teknologi, maka kita pun akan bisa mendapatkan kemudahan. Gates tidak akan ragu menginvestasikan uangnya untuk memperoleh akses yang lancar ke teknologi.

9. Mengelola sumber daya yang tersedia

Gates sebisa mungkin berusaha untuk mengelola karyawannya dengan sebaik mungkin. Dan memanfaatkan komputer sekolahnya untuk membuat program diawal-awal Gates jatuh hati dengan komputer.

10. Menciptakan suasana kerja yang mendukung

Gates sangat memperhatikan suasana kantor dan para karyawannya bisa bekerja senyaman mungkin hingga pada akhirnya ide-ide kreatif dan inovatif pun bisa meletup dengan mudah dari dalam pikiran.

11. Mempertahankan konsumen dan pasar

Tanpa konsumen dan pasar maka perusahaan tak akan bisa maju, berkembang dan menghasilkan nilai. Konsumen dan pasar harus tetap dipantau, karena persaingan akan sering muncul tanpa diduga sekalipun.

12. Berinovasi secara terus menerus

Inovasi ialah salah satu upaya dalam mempertahankan konsumen dan pasar tapi sekaligus untuk bisa merambah dan memperluas pasar. Berinovasi dengan produk yang sudah dihasilkan, mengembangkan yang baru, menambah kualitas dari produk lama.

Review Buku:

Kelebihan buku ini ialah penulis menyampaikan karakter - karakter Bill Gates dengan sangat jelas. Karakter Bill Gates yang pantang menyerah dan selalu ambisius untuk jadi pemenang. Tak hanya pekerja keras, Bill Gates juga termasuk orang yang hemat, disiplin, genius, agresif, suka tantangan. Cara penyampaian ke pembaca penulis juga sangat baik, dan mengajak untuk terus membaca buku ini.

Kekurangan buku ini ialah penulis agak membosankan ketika memberikan pemaparan mengenai lika-liku karir Bill Gates. Tidak rapi dalam membuat tahun per tahun kisah karir Bill Gates, melompat-lompat, dan tidak beraturan.

Kesimpulan:

Buku ini merupakan buku yang membahas mengenai Sosok Bill Gates dan kisahnya dalam berkarir, keluarga dan dimata sahabat-sahabatnya. Tak lupa juga penulis membuat berbagai macam strategi - strategi dalam mengelola perusahaan Bill Gates.

Rekomendasi dan Penilaian Buku:

Buku ini saya nilai 4 dari 5. Buku ini saya sarankan untuk pembaca yang ingin mengetahui sosok Bill Gates dan mengidolakannya. Dan juga untuk pembaca yang ingin meniru cara strategi Bill Gates dalam mengembangkan perusahaan.

Demikianlah review buku ini saya buat, jangan lupa share dan komen ya... :)

Comments

Sponsor