Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Tips Alami Mengatasi Jerawat

Kulit yang berminyak biasanya mudah dihinggapi jerawat. Untuk mengatasinya, coba saja tips praktis berikut:

1. Cara Pertama

Bersihkanlah wajah dengan air hangat, ambil ragi tape yang sudah tua, beri air hingga mengental seperti cleansing. Gunakan adonan tersebut untuk masker wajah. Biarkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan bilaslah dengan air es atau air biasa(air adem). Pakailah resep ini selama 3 - 10 hari berturut - turut sampai sembuh.

2. Cara Kedua

Selain cara di atas, anda juga dapat menggunakan mentimun. Caranya, kupaslah mentimun, lalu kulit mentimun tersebut digiling sampai halus. Setelah itu, oleskan kulit mentimun yang telah halus pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat. Lakukan hal ini secara teratur dan wajah pun tidak akan ditumbuhi jerawat lagi.

3. Cara Ketiga

Jika jerawat anda bandel, atau sejenis jerawat batu yang kecil tetapi susah hilang, segera ambil rumput teki, ambil umbinya kurang lebih segenggaman. Bersihkan umbinya daari akar - akar yang kasar, dan buang kulit luarnya, meskipun tidak usah terlalu bersih, kemudian rebus. Setelah itu, jemurlah umbi sampai kering. Tumbukah umbi teki sampai menjadi tepung da jadikan bahan dasar untuk membuat bedak. Atau, anda boleh menjadikannya sebagai masker bersama bedak yang lain.

4. Cara Keempat

Apabila jerawat anda sangat parah sampai bernanah dan berminyak, segera cari daun asam jawa muda, ambil dua genggaman, lalu lumatkan sampai menyerupai bubur.Peraslah sedikit jeruk nipis di atas bubur daun asam jawa muda, lalu aduk sampai merata. Kemudian, lumurkan ke wajah anda sebagai masker. Lakukan hal ini sebelum tidur dan pakailah masker itu selama tidur.

5. Cara Kelima

Kunyit dapat mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mengusir jerawat yang biasa terdapat pada wajah. Pertama, ambil kunyit putih. Kupas, lalu cuci sampai bersih atau tidak dikupas juga tidak apa - apa, asalkan dicuci bersih. Setelah dicuci, keringkan kunyit sampai tidak ada air yang menempel, lalu parut sampai halus. Kemudian, parutan kunyit dibubuhkan ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga 1 - 2 jam. Sesudah dirasa cukup, lepaskan kunyit, dan cucilah wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini sampai jerawat betul - betul hilang dari wajah. Tapi ingat, cara ini hanya dilakukan untuk kulit yang benar - benar cocok dengan kunyit karena zat yang terkandung dalam kunyit cukup keras.

6. Cara Keenam

Masa pubertas memang banyak memunculkan masalah, salah satunya yang sering dialami oleh para remaja adalah munculnya bintik - bintik jerawat di wajah. Untuk mengatasinya, ada cara yang mudah dilakukan dan terbukti manjur untuk mengusir jerawat. Caranya, ambil saja 1 gelas air bekas cucian pertama beras yang masih kental. Kemudian, embunkan selama semalam agar mengendap. Keesokan harinya, sebelum mandi atau cuci muka, gunakan endapan air tersebut sebagai masker. Balurkan secara merata ke seluruh wajah, terutama yang berjerawat. Gunakan setiap pagi dan sore secara teratur. Dalam waktu seminggu, pasti segera tampak hasilnya.

7. Cara Ketujuh

Untuk mengatasi jerawat, anda bisa menggunakan 2 buah tanaman lenglengan(daun, batang dan akar), 1 jari rimpang kunyit, 1 jari rimpang temulawak, dan 1/2 genggam daun sambiloto. Cara membuatnya, kupaslah kulit kunyit dan temulawak, lalu cucilah hingga bersih. Kemudian, rebus semua bahan dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah itu, api dikecilkan, dan ramuan ini dimasak terus hingga airnya tinggal setengah, lalu disaring. Saat akan diminum, berilah sedikit gula aren atau madu, dan aduk. Minumlah 2 x sehari. Ramuan tersebut berkhasiat menyembuhkan jerawat karena lenglengan, kunyit, temulawak dan sambiloto mampu membantu fungsi hati untuk membersihkan zat - zat racun dalam darah dan menyembuhkan peradangan. Selain untuk diminum, ramuan tersebut juga bisa digunakan sebagai bedak jerawat.

8. Cara Kedelapan

Bila anda ingin membuat bedak untuk mengatasi jerawat, silakan ikuti tips yang berikut. Ambillah 2 ruas temu giring, 2 ruas kunyit putih(temu mangga), 1 butir jebuk sari(pinang), dan 1 buah kulit jeruk purut. Cara membuatnya, kupas semua bahan dan cuci hingga bersih. Lalu, tumbuklah semua bahan hingga halus. Olah atau buatlah ramuan tersebut menjadi beberapa butir dan jemur hingga benar - benar kering. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 1 butir ramuan tersebut untuk bedak jerawat. Beri sedikit air dan usapkan ke wajah, lalu biarkan beberapa saat hingga kering, kemudian cuci wajah anda dengan air hangat. Temu giring dalam ramuan tersebut berguna meghaluskan kulit, sedangkan kunyit sering dipakai sebagai bahan kosmetik. Serbuk sari berkhasiat sebagai antikuman, sementara kulit jeruk purut berfungsi membersihkan kulit.

9. Cara Kesembilan

Agar jerawat anda bisa hilang, siapkan 2 buah bengkuang segar, 2 buah belimbing wuluh, 1 cm kunyit dan sebatang serai. Cara membuatnya, belimbing wuluh dan kunyit diparut, diperas, kemudian disaring. Diamkan air perasan bengkuang dalam sebuah wadah. Selanjutnya, batang serai dimemarkan dan direbus sedikit dengan air. Setelah dingin, air rebusan serai dicampurkan dengan pati bengkuang yang telah diendapkan sarinya. Perlu diperhatikan bahwa endapan yang terjadi dari parutan bengkuang tidak terlalu banyak sehingga larutan yang dicampurkan cukup 2 - 3 sendok teh saja. Simpan sisanya dalam lemari es agar bisa digunakan lagi. Krim ini dioleskan pada wajah yang berjerawat setiap malam, yakni sebelum tidur. Esok paginya, cukup dibilas dengan air bersih.

10. Cara Kesepuluh

Terkadang, jerawat tidak saja muncul pada wajah, tetapi juga bisa muncul dan mengganggu pada bagian tubuh lainnya, seperti misalnya dipunggung. Jerawat yang muncul di punggung sangat sulit menghilangkannya, tidak seperti menghilangkan jerawat di wajah karena kita tidak bisa langsung melihatnya. Munculnya jerawat di punggung mungkin tidak terlalu menjadi masalah karena tidak terlihat(tertutup baju atau pakaian). Tetapi, hal ini menjadi masalah ketika jerawat memunculkan rasa sakit atau perih, sebagaimana yang kadang terjadi pada jerawat di wajah. Oleh karena itu, meskipun mungkin tidak terlalu mengganggu penampilan, jerawat di punggung tetap saja mengganggu. Jika anda mempunyai jerawat di punggung, ada cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan putih telur dan mentimun. Manfaat dari putih telur adalah untuk mengangkat sel - sel kulit mati, sedangkan mentimun sangat ampuh menghilangkan noda hitam di kulit. Apabila kedua khasiat di atas itu dijadikan satu maka akan membantu anda dalam mengobati jerawat di punggung. Caranya, pisahkan putih telur hingga kental atau mengental. Sedangkan, mentimun dipotong kecil - kecil, kira - kira 3 cm. Setelah itu, masukan putih telur dan mentimun ke dalam blender, dan hancurkan hingga menjadi jus. Lalu, oleskan bahan tersebut ke punggung yang berjerawat, dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin 2 x seminggu hingga jerawat di punggung benar - benar hilang.

Sumber:

Diambil dari buku "Tips Cantik Alami" yang ditulis oleh Inayati.

Comments

Sponsor