Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok


Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok


Rambut rontok atau mudah rontok sering kali menjadi momok kaum wanita. Jika dibiarkan terus - menerus, rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan. Sering kali, perawatan untuk dapat mengatasi rambut rontok memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun, ada cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Cara Pertama
Ambil sebanyak 10 lembar daun waru muda yang segar, segenggam daun urang - aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan tersebut dicuci bersih, lalu dipotong - potong secukupnya, dan masukkan ke dalam panci email. Tambahkan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri, masing - masing 1/2 cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Saringlah setelah dingin, dan ramuan pun siap untuk digunakan. Cara penggunaannya, oleskan campuran minyak tersebut ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan pada malam hari sebelum tidur, dan esok paginya rambut dikeramas. Lakukan hal dua sampai 3 x seminggu.
2. Cara Kedua
Ambil segenggam daun pacar, blender hingga halus, beri serbuk teh, dan siram dengan air panas. Aduk hingga rata, lalu biarkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan pada kulit rambut hingga merata sambil dipijat - pijat. Tutup dengan handuk hingga 2 jam, semakin lama semakin baik. Kemudian, keramaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali hingga hasilnya memuaskan. Bila anda rajin melakukannya, rambut anda pun akan menjadi kuat, tebal dan indah.
3. Cara Ketiga
Anda juga bisa menggunakan bawang untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, ambillah empat buah bawang merah, kemudian digiling halus. Kemudian, bahan tersebut dicampur dengan air yang telah masak. Setelah itu, oleskan pada bagian kepala yang rambutnya dirasa sering rontok, dan biarkan selama 20 menit, kemudian dibasuh dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari untuk merangsang kesehatan dan tumbuhnya rambut.
4. Cara Keempat
Siapkan 4 helai daun mangkokan, 2 helai daun pandan, 4 kuntum bunga kenanga, 1 buah kulit jeruk purut dan 2 jari krangean, dan minyak kelapa secukupnya. Daun mangkokan mengandung protein sebagai salah satu zat utama pertumbuhan rambut. Sementara itu, daun pandan, bunga kenanga, jeruk purut dan krangean memberi aroma wangi pada rambut anda. Sedangkan minyak kelapa mengandung lemak yang melembutkan rambut. Cara penggunaannya, cuci bersih semua dedaunan dan bunga kenanga, lalu semua bahan diiris halus. Campurkan bahan tersebut dengan minyak kelapa, kemudian disaring. Setelah itu, oleskan saringan minyak ke kulit kepala saat hendak keramas.
Sumber : Tips Cantik Alami Tulisan dari Penulis Inayati.

Comments

Sponsor