Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Tips Alami Agar Kulit Wajah Tetap Sehat

Penyebab masalah kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena banyaknya radikal bebas dan faktor lain yang bisa merusak kulit. Maka dari itu, untuk memiliki kulit yang senantiasa sehat, diperlukan perawatan dan perhatian lebih agar kulit selalu cantik dan sehat. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan agar kulit wajah Anda bebas masalah.

1. Perhatikan Air Yang Digunakan

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa kualitas air yang Anda miliki dan gunakan tidak sama. Ada air yang bagus, bebas masalah, bebas bau, maupun bebas kotoran. Namun, ada juga yang mengambil air tanah langsung sehingga tidak dapat diperkirakan tingkat kebersihannya. Kualitas air yang Anda gunakan bias mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh karena itu, perhatikanlah air yang Anda gunakan untuk wajah. Sebagian orang yang sangat hati - hati dalam menggunakan air untuk kepentingan wajah, bahkan ada yang menggunakan air mineral untuk membasuh wajahnya karena kulitnya sensitive jika terkena air tanah yang diragukan kebersihannya.

2. Mengonsumsi Teh Hijau

Kandungan Epi gallo catechin gallate (EGCG) pada teh hijau memiliki kemampuan untuk meredakan radang yang menenangkan kulit. Andrea Cambio, ahli dermatologi di Cape Coral, Florida, Amerika Serikat menyarankan Anda untuk mencoba minuman teh hijau dingin karena minuman panas bisa memperparah kemerahan pada kulit dan gejala rosacea (peradangan kulit yang terjadi pada orang dewasa sehingga menyebabkan kulit berwarna merah atau benjolan kecil berwarna merah dan bernanah).

3. Kelola Stress Dengan Baik

Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh yang juga memicu kulit berminyak sehingga mengurangi kemampuan kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Dalam hal ini, ketika stress muncul, beberapa orang cenderung berjerawat. Oleh karena itu, latihlah kemampuan diri Anda untuk dapat mengelola stress, seperti dengan latihan yoga, pernapasan atau meditasi. Hal ini akan membantu masalah kulit, misalnya jerawat, psoriasis(penyakit radang kulit kronis), rosacea, dan seborrhea(suatu peradangan pada kulit bagian atas yang menyebabkan timbulnya sisik pada kulit kepala, wajah dan kadang pada bagian tubuh).

4. Udara Yang Bersih

Mungkin saat ini sudah agak sulit untuk mendapatkan Udara yang benar - benar bersih. Tetapi, setidaknya kita bisa mencari udara relative bersih. Sementara itu, asap rokok bisa menyebabkan radikal bebas yang merusak kulit dan mempercepat penuaan kulit sehingga ada baiknya untuk menghindari udara yang memiliki polusi tersebut. Selain itu, polutan lain juga bisa mempengaruhi kualitas kesehatan kulit. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa mengganti penyaring udara, membersihkan AC atau kipas angin, dan menggunakan kipas penghisap udara saat memasak.

5. Pilih Pasta Gigi Yang Tepat

Pasta gigi yang memiliki kandungan tartar atau perasa tambahan, seperti kayu manis bisa membuat kulit mengalami kondisi perioral dermatitis. Kondisi ini menyebabkan kondisi yang serupa dengan jerawat, kulit kemerahan dan pecah - pecah di sekitar mulut. Oleh karena itu, untuk amannya, sebaiknya pilihlah pasta gigi yang polos (tanpa tambahan aroma atau rasa).

6. Waspada Terhadap Sinar Matahari

Sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari bisa memasuki jendela di rumah sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit. Tidak hanya itu, sinar matahari yang melalui jendela mobil pun bisa menimbulkan kanker kulit pada bagian yang paling sering tereskpos matahari.

7. Awasi Asupan Susu

Jika kebetulan Anda memiliki jerawat, Anda perlu berhati - hati dengan susu yang Anda konsumsi. Riset dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa hamper 30% remaja putri yang mengonsumsi susu memiliki jerawat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi susu. Para ahli mensinyalir hal yang sama juga akan berlaku bagi mereka yang sudah dewasa. Namun, yang hingga saat ini masih belum dimengerti oleh para peneliti ialah mengapa susu skim (susu bubuk tanpa lemak) justru lebih besar kemungkinan menyebabkan jerawat ketimbang whole milk(susu asli yang tidak dikurangi kadar lemaknya). Diperkirakan, hal ini terjadi karena adanya suatu zat yang ada di dalam susu sehingga apabila Anda ingin mengurangi asupan susu, pastikan Anda memiliki sumber kalsium lain dari makanan lain, seperti dari sayuran hijau atau suplemen.

8. Perhatikan Pembersih Wajah Yang Dipakai

Apabila Anda memiliki kulit wajah yang tergolong sering maka pembersih wajah yang bisa Anda pilih lebih penting ketimbang pelembab yang Anda gunakan. Pembersih wajah non sabun lebih ideal karena bisa menggantikan lapisan pelembab pada wajah. Anggaplah hal ini sebagai semacam langkah pencegahan. Anda bisa menggunakan pembersih wajah tersebut untuk menghindari kulit yang kering, eksim dan psoriasis. Menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah adalah langkah yang bagus. Selain itu, jika Anda menggunakan obat jerawat, tunggulah 10 menit setelah Anda membersihkan wajah, baru dioleskan untuk meminimalisasi iritasi.

9. Pilih Produk Rambut Berbahan Dasar Air

Beberapa kondisioner, pomade, pembuat volume rambut dan styling cream, mengandung minyak atau lilin yang bias menghambat pori - pori sehingga menyebabkan jerawat, khususnya di bagian dahi, punggung dan di bagian tumbuh rambut sekitar wajah. Ketika Anda sudah mencoba berhati - hati agar tidak mengenai wajah, produk - produk tersebut bisa tetap luruh ke wajah Anda saat sedang keramas atau berkeringat. Produk tersebut, bahkan bisa menempel di bantal Anda, lalu kembali menempel pada wajah di waktu lain. Untuk mengantisipasinya, carilah produk lain yang berbahan dasar air, dan hindari yang mengandung minyak mineral, beeswax(produk yang berasal dari sarang lebah) atau microcrystalline wax.

10. Hati - hati Dalam Menggunakan Obat - Obatan

Beberapa obat kontrasepsi, antibiotik, obat kesuburan dan obat anti kejang, bisa membuat wajah berjerawat. Sedangkan, obat anti histamin, diuetik dan beberapa anti depresan bisa menimbulkan kulit kering. Sementara itu, beberapa antibiotik, diuretik dan perawatan diabetes bisa membuat seseorang rentan terhadap kerusakan kulit wajah akibat matahari. Apabila Anda menemukan terjadinya aktivitas kulit akibat sebuah obat yang Anda konsumsi,segera hubungi dokter sehingga ia bisa menurunkan dosis atau mengubah obatnya.

11. Tidurlah Yang Lelap

Ketika Anda tidur terlelap, kulit tubuh Anda memperbaiki dirinya. Sementara, ketika Anda kekurangan tidur, tubuh pun akan mengalami stress sehingga tubuh mengeluarkan adrenalin dan kortisol yang memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, untuk selalu menjaga kulit wajah agar tetap terawat, upayakan untuk bisa beristirahat 7 - 8 jam per hari agar kulit Anda tetap sehat.

Jangan Lupa Komen dan Share ya guys. Supaya banyak tahu cara agar kulit tetap sehat… :)

Sumber Buku :Tips Cantik Alami by Inayati

Comments

Sponsor