Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Sikap - Sikap Sumber Daya Manusia Unggul

Pedagang atau pengusaha sekarang di Indonesia sudah semakin meningkat. Para pelaku pasar ini ada yang anak sekolahan, mahasiswa bahkan pekerja kantoran pun sekarang mencari tambahan penghasilan dengan mencoba – coba berbisnis. Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau per organisasi yang mengharapkan keuntungan. Di mana – mana seorang pengusaha harus memiliki jiwa entrepreneur yang baik dan didorong oleh sikap – sikap atau perilaku yang baik pula. Sebagai seorang manusia yang menginginkan kemajuan untuk Indonesia. Tentunya harus kreatif dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan segala hal yang menyangkut bisnisnya.
Kreatif merupakan hal yang sangat didorong dan dicanangkan oleh guru ataupun dosen kepada siswa dan mahasiswanya. Pendidik memiliki peran penting secara tersirat dan tersurat ketika mengajarkan anak didiknya di kelas, misalnya diskusi kelompok dan siswa harus bisa mengemukakan pendapat mengenai topik pelajaran yang diajarkannya di setiap sesi pertemuan atau tatap muka. Mengemukakan pendapat dapat menunjang kreatifitas dan kemampuan komunikasi. Dengan kemampuan komunikasi secara kreatif menumbuhkan bibit – bibit proses berpikir yang unggul dan ide – ide yang cemerlang. Sumber daya manusia yang bisa menghasilkan ide – ide yang bermanfaat dan tidak curang dalam bertindak mampu menjabarkan dan menjawab masalah – masalah yang dihadapi dunia di masa kedepannya dan bermanfaat untuk anak cucu Indonesia nantinya. Selain itu, waktu juga sangat penting untuk disadari. Waktu ibarat pedang yang bisa membunuh tanpa terkecuali. Kelolalah waktu dengan baik. Buatlah jadwal dan daftar kegiatan sehari – hari. Patuhilah jadwal itu dan disiplinlah terhadapnya. Disiplin terhadap waktu sangat diajarkan di dunia pendidikan. Disiplin menumbuhkan perilaku – perilaku yang sangat menghargai waktu dan kejujuran. Daftar kegiatan sehari – hari mengajarkan untuk produktif. Daftar kegiatan itu diurutkan dari yang sangat penting, penting, dan tidak penting. Dengan begini, waktu yang dipunya tidak terbuang sia – sia. Pekerjaan yang dihadapi di depan mata pun terlaksana dengan baik. Sikap yang penting selanjutnya ialah tanggung jawab. Oke, memang segala sesuatu tindak dan perilaku seseorang harus mampu dipertanggung jawabkan. Dalam berbisnis, tanggung jawab terbesar terdapat di diri seorang bos tapi jika bisnis tersebut sudah berkembang dan menjadi sebuah perusahaan. Namun, bagaimana jika bisnis itu hanya perorangan atau hanya tidak lebih dari sepuluh orang, misalnya pedagang UMKM? Kemana arah UMKM ini ditampung? Pertanyaan inilah yang ditanya oleh pedagang UMKM. Usaha Mikro Kecil Menengah yang hanya menghasilkan omzet di bawah 50 juta rupiah. Dengan adanya Kadin Indonesia, para pelaku UMKM ini sangat terbantu sekali. Kadin(Kamar Dagang Indonesia) merupakan tempat untuk menampung keluh kesah para pelaku bisnis UMKM. Tanggung jawab dan komitmen menentukan nasib usaha yang dibangun. Komitmen dalam menjalin kerjasama menentukan arah kegiatan bersama secara terstruktur dan terencana ke depannya.
Sumber daya manusia yang unggul tidak terbentuk secara singkat, tapi perlu proses, tindakan dan perlu kesadaran untuk berubah menjadi unggul. Kesadaran dan tindakan inilah hal yang terpenting. Mampu membaca situasi dan sadar mengenai peran apa yang harus diperbuat untuk menciptakan kerjasama tim yang solid. Contohnya sederhana saja, ada seorang teman di kantor sedang melakukan pekerjaan memindahkan meja tempat duduknya. Peran yang harus dilakukan ketika melihat teman tersebut ialah sadar untuk segera menolongnya. Contoh yang lain ialah jika telah diberi tugas oleh atasan. Yah, dengan sadarnya harus melaksanakan tugas tersebut dengan fokus dan perhatian penuh. Dari contoh didapatkan sikap bahwa fokus dan tolong menolong merupakan ciri – ciri manusia yang unggul dan produktif. Fokus untuk tidak beralih ke pekerjaan lain yang tidak bermanfaat dan bekerja dengan baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan serta menciptakan prestasi kerja. Menciptakan prestasi kerja menunjang bakat dan apresiasi terhadap kepercayaan diri serta integritas kepuasan tersendiri. Sumber daya manusia yang unggul memang diperlukan untuk Indonesia yang produktif dan maju.Mengapa perlu proses? Karena proses untuk menciptakan sumber daya yang unggul memerlukan waktu yang sikapnya harus dibentuk sejak kecil dan tidak terlepas dari peran serta orang lain. Peran serta orang lain misalnya teman sejawat(teman untuk membentuk karakter dan mencari jati diri), keluarga (peran orang tua untuk berlindung dan mendapatkan kasih sayang), pendidik (orang yang berperan sangat penting dalam bersosialisasi di tempat umum),dan masyarakat (menumbuhkan sikap ramah tamah dan peduli terhadap lingkungan). Di rumah, anggota keluarga bisa membentuk sikap peduli terhadap orang lain dan tempat menceritakan kisah selama berada di luar rumah kepada keluarga. Misalnya bercerita setelah makan malam bersama.

Contoh kegiatan produktif Sosialisasi dengan tema "Pengenalan Internet Sehat, Aman dan Beredukasi Pada Masyarakat di kelurahan 1 Ulu" yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang Prodi Teknologi Informasi

Demikianlah sikap – sikap sumber daya manusia yang unggul menurut hemat saya. Kedepannya, semoga dengan membaca artikel saya ini, masyarakat Indonesia terutama saya pribadi bisa menciptakan masyarakat Indonesia yang produktif.

Comments

  1. Article-articlenya sangat menarik, selalu berharap dapat membaca setiap article yang baru terbit

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, artikel nya sangat menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah membaca artikel saya. semoga menginspirasi.

      Delete
  3. Terima kasih, artikel nya sangat menarik untuk di baca

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, artikel nya sangat menarik untuk di baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sudah membaca. semoga menginspirasi. 😀

      Delete
  5. Terima kasih author blognya sangat bermanfaat bagi saya yang
    notebennya seorang mahasiswa yang nantinya pasti akan memasuki dunia bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. semoga berguna dan menginspirasi. 😀

      Delete
  6. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  7. artikel yg menarik
    thanks for share

    ReplyDelete
  8. artikel yang menarik
    thanks for share

    ReplyDelete
  9. Barakallah.. Semoga selalu bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Sponsor