Skip to main content

Gugup Hasrat Menyentuh Bibirmu

Percabangan Pada C++

 Di dalam C++, terdapat dua buah jenis struktur yang digunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan, yaitu dengan menggunakan struktur if dan struktur switch. Statemen - statemen yang terdapat dalam sebuah blok percabangan akan dieksekusi hanya jika kondisi yang didefinisikan terpenuhi (bernilai benar). Jika kondisi tidak terpenuhi (bernilai salah), maka statemen tersebut juga tidak ikut dieksekusi atau akan diabaikan oleh compiler.

1. Struktur Satu Kondisi Percabangan

Struktur ini merupakan struktur yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu buah ekspresi yang akan diperiksa. Bentuk umum dari struktur percabangan yang memiliki satu kondisi adalah sebagai berikut :
Contoh :
Hasilnya :

2. Struktur 2 Kondisi Percabangan

Struktur percabangan jenis ini sedikit lebih kompleks bila dibandingkan dengan struktur yang hanya memiliki satu buah kondisi. Terdapat sebuah statemen khusus yang berguna untuk mengatasi kejadian apabila kondisi yang didefinisikan tersebut tidak terpenuhi (bernilai salah). Bentuk umumnya yaitu:

Contoh :

Hasil dari program di atas:

3. Struktur 3 Kondisi Percabangan

Struktur ini merupakan perluasan dari struktur yang memiliki dua kondisi di atas, yaitu dengan menyisipkan (menambahkan) satu atau lebih kondisi ke dalamnya. Bentuk umumnya, yaitu:
Contoh :
Hasil :

4. Percabangan Menggunakan Kata Kunci switch

    Struktur lain yaitu dengan menggunakan kata kunci Switch. Bentuk umumnya yaitu :
Contoh :
Hasil Program Di atas :


Comments

Sponsor