- Get link
- X
- Other Apps
Pembelajaran
Di Masa Covid -19
Setiap instansi ataupun yayasan
dalam mendidik siswa dan siswi mempunyai patokan dan tujuan yang menjadi
pedoman dalam proses belajar mengajar. Mempunyai kurikulum sebagai pedomannya.
Setiap guru di dalam membuat kurikulum mempunyai sasaran untuk mengembangkan
karakter siswa didiknya. Di masa covid 19 ini, guru berusaha untuk menjadikan
siswanya mandiri dan kreatif. Mandiri dengan rajin mengikuti pelajaran,
memiliki keinginan dan kemauan dalam menyerap ilmu pada materi yang diajarkan
ataupun disampaikan oleh gurunya. Selain mandiri, siswa juga diharapkan kreatif
dalam meningkatkan serta mengembangkan materi pelajaran dengan ide – ide baik
berupa tulisan maupun tindakan seperti mengajak orang lebih tua untuk melakukan
eksperimen pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam misalnya yang baru saja
siswa dapatkan dari materi yang disampaikan gurunya. Melalui eksperimen ini,
siswa dan orangtua semakin memiliki hubungan kekeluargaan yang erat untuk
saling sayang menyayangi. Tingkat intelektual anak juga harus meningkat dan
berkembang. Melakukan percobaan – percobaan juga harus dibimbing. Dengan
demikian, mental siswa diharapkan menjadi anak yang aktif berpikir positif,
berkreasi, penyayang, memiliki rasa persahabatan dengan teman dan keluarganya
serta rasa hormat menghormati kepada orang yang lebih tua. Orangtua di rumah
menjadi fasilitator, mentor, tutor, pelatih dan kolaborator yang bisa membuat
siswa menjadi teman belajarnya sama seperti guru di sekolah. Adaptasi kurikulum
di masa covid-19 ini bagi siswa, dan guru awalnya terkendala dalam hal jaringan
internet. Namun dengan bantuan pemerintah yang telah memberikan dana kuota
untuk guru dan siswa menjadi sedikit terbantu. Seiring berjalannya waktu dengan
kondisi pandemic ini, siswa dan guru lambat laun mulai terbiasa dan bisa
menerima keadaan seperti ini. Perombakan sedikit dalam merencanakan kurikulum
baru juga diterapkan guru di sekolah. Yang semula tatap muka langsung menjadi
tatap muka berbasis daring.
Saya sebagai masyarakat umum yang
bekerja sebagai tenaga pendidik laboran di Universitas Muhammadiyah Palembang
Fakultas Teknik Program Studi Teknologi Informasi sendiri yang mana mengawasi
dan menemani mahasiswa dalam mengalamai kendala pada kegiatan praktikum
misalnya praktikum dalam hal matakuliah algoritma dan pemrograman. Matakuliah
ini harus mendapat perhatian penuh karena merupakan dasar seorang mahasiswa
yang ingin berkecimpung di dunia teknologi informasi, computer dan pemrograman
khususnya. Dengan mendampingi dan membimbing mahasiswa selama proses
pembelajaran, saya dapat melihat mahasiswa mana yang antusias dan yang tidak
berminat di bidang pembelajaran algoritma dan pemrograman ini. Namun, ruang
lingkup teknologi informasi ini begitu luas, ada juga di kurikulum yang dapat diminati
mahasiswa yaitu desain grafis dan desain web serta jaringan computer. Dengan
pendekatan membimbing dan memperhatikan minat mahasiswa ini, saya dan tim dosen
lainnya melakukan pengarahan ketat terhadap minat dan bakat mahasiswa ini.
Dengan demikian, mahasiswa dapat merasa sangat dididik dan mempunyai ilmu yang
mendalam untuk bersaing di dunia kerja nantinya.
Tak hanya membimbing di ruang kelas,
saya juga ikut serta dalam mengajak mahasiswa untuk mengikuti kegiatan
pengabdian kepada masyarakat. Dalam pengabdian ini, mahasiswa dan dosen membuat
aplikasi “Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Di SMK Negeri 1 Indralaya
Selatan”. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah sekolah tersebut
dalam hal penerimaan mahasiswa baru. Umpan balik yang didapat oleh mahasiswa
selain pengalaman mereka dalam mengabdi kepada masyarakat, mereka termotivasi
untuk menciptakan aplikasi – aplikasi lainnya untuk kehidupan masyarakat luas
dengan bekal ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan selama kuliah. Pengembangan
karakter mahasiswa ini sendiri menciptakan karakter yang mandiri dan kreatif.
Namun karena sedang adanya wabah covid 19 ini, saya dan tim dosen lainnya memiliki
ruang gerak yang sempit sehingga kami hanya melakukan tatap muka dan berkreasi
menjalankan proses pembelajaran ini menggunakan google classroom dan media
social lainnya. Media classroom sangat membantu sekali sebagai alat komunikasi pembelajaran
mahasiswa dan dosen. Semua kegiatan belajar dikontrol dengan cara memberikan
tugas dan materi dimana dosen sendiri ikut berpartisipasi menjadi dosen yang
mandiri dan kreatif. Adaptasi kurikulum menjadi transparan dengan sifat
keterbukaan menampilkan rencana pembelajaran semester yang bisa diakses dan
dilihat di classroom. Di media classroom jika dosen mengupload materi terdapat
kolom komentar sebagai wadah mahasiswa bertanya mengenai materi yang diberi.
Selain itu media social digunakan untuk tempat mahasiswa menuangkan keluh
kesahnya jika mengalami kendala dalam belajar. Sehingga menghasilkan hubungan
kekeluargaan secara kondusif dan unggul di lingkungan pembelajaran.
Foto
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Sebelum Covid – 19 di SMK Negeri 1
Indralaya Selatan
Foto
Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Laboratorium Sebelum Covid 19
Contoh
Hasil Kreasi Mahasiswa Di Bidang Desain Grafis Di Masa Covid 19
Foto
Screenshoot Salah Satu Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang Dalam
Memanfaatkan Media Classroom Di Masa Covid 19
Best casinos accepting PayPal - Casino Sites
ReplyDeletePayPal is the easiest method to use online casinos 온라인 카지노 to deposit funds. 실시간카지노 How to Deposit Money. PayPal is easy 더킹 카지노 to use and What 제왕카지노 쿠폰 are the different types of PayPal deposits?Do I 오즈포탈 need to deposit my PayPal funds to play on slots and games?